Rabu, 03 April 2019

Menjadi Inspirator Ulung

~~~
Semua orang pasti mempunyai role model ketika menapaki sebuah profesi atau bahkan sekadar menjalani hobi. Maka sosok role model itulah sang inspirator. Darinya bisa diambil pembelajaran dan pengalaman untuk kita melakoninya sesuai kemampuan.

Dalam tingkatan tertinggi manusia dalam melakukan sesuatu adalah kebermanfaatan. Ada kepuasan sekaligus kebahagiaan di sana. Maka, tak ada lagi pamrih untuk apa-apa yang telah diberikan dan dilakukan.

Sejatinya, setiap kita sangat bisa menjadi inspirasi buat sekeliling. Mengutip dari kalimat Aa Gym yang kerap kali disampaikan saat ceramah beliau, "Mulakanlah kebaikan itu dengan cara 3M. Mulai dari yang terdekat. Mulai dari yang terkecil. Mulai dari hari ini." Tidak untuk siapa pun, tapi untuk kita sendiri.

Tak perlu muluk-muluk menjadi motivator untuk sekadar menginspirasi. Hal kecil yang kita lakukan, sedikit banyak akan menjadi pandangan orang. Tidak harus menjadi hebat supaya menjadi panutan orang lain. Cukup jadi yang terbaik versi pribadi masing-masing.

Bahkan, seorang yang tampak tak melakukan apapun, dia tetap bisa menginspirasi orang lain. Seorang penulis tidak harus jalan-jalan supaya sosoknya bisa dikenal, karena dengan duduk dan menuangkan pikirannya dalam tulisan, namanya sudah dikenal. Seorang desain grafis juga tak perlu mengumumkan keberadaannya, karena karyanya telah bicara.

Sesederhana itu menjadi sosok inspirator. Menjadi diri sendiri dalam versi terbaik. Jika harus menjadi penjual gorengan, maka jadilah penjual gorengan terbaik. Jika harus menjadi salesman, jadilah sales terbaik. Jika mungkin orang lain tak terinspirasi, setidaknya kita tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal tak berguna.

Mulai dari yang terdekat, untuk memberi tahu orang lain bahwa keberadaan kita memberikan sedikit sumbangsih.
Mulai dari yang terkecil, untuk menegaskan bahwa kita memiliki peran.
Mulai dari hari ini tanpa menunda dan kata tapi.


🖤
Tuban 03042019
#muthyasadeea #tulisande #ceritadee

1 komentar:

  1. Ternyata untuk bisa menginspirasi orang lain cukup sederhana ya Mbak.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya...
Salam kenal, Dee