Rabu, 06 Februari 2019

Kelas Inspirasi Pati #part2

Margorejo, Pati
Hari Inspirasi, 19 Januari 2019


Jumlah kami yang cukup banyak, namun, pukul 06.00 kami sudah bisa duduk bersama untuk sarapan dengan nasi pecel+ayam dengan posisi sudah rapi dengan seragam tugas masing-masing. Amazing, bukan? Jadi, antrean mandi sudah dibuka dari adzan shubuh atau lebih tepatnya pukul 04.00.

Hei, di jam itu, romongan cewek baru saja tidur 2 jam kecuali Kak Sifa yang benar-benar sudah tepar pasca sidang isbat dan diskusi alot di depan rumah. Dek Alfiva juga tidak tertarik untuk tidur larut dan ia menyusul Kak Sifa untuk berlayar ke pulau kapuk.

Tahu, apa yang kami lakukan?
Kami menghabiskan malam dengan bermain uno. Kocaknya, ada 2 orang belum tahu apa itu uno game sehingga malam semakin terasa riuh. Sama sekali gak dengar ada suara petir atau hujan (padahal iya beneran hujan) saking asyiknya main.

Dan mengajar di Hari Inspirasi dengan durasi 2,5 jam, dibagi 6 sesi yang masing-masing 20 menit itu cukup melelahkan. Namun, itu benar-benar terbayar dengan keceriaan anak-anak serta penerimaan mereka atas kehadiran kami. Masih ditambah dengan keramahtamahan tuan rumah (pihak guru sekolah) dalam menyambut kami.

Anak-anak sangat bersemangat bahkan sejak pagi meski cuaca sedikit mendung. Senam pagi dibuka dengan "Reng Teng Teng" yang telah melewati diskusi alot semalaman. Usai pembukaan resmi dan perkenalan seluruh relawan, kami sudah meluncur ke bagian kelas masing-masing. 20 menit untuk satu sesi itu benar-benar singkat dan berlalu dengan cepat.

Singkat cerita, tiba kami pada puncak acara, yakni prosesi closing dan foto bersama. Suasana yang mendung manja membuat kami semakin menikmati perpisahan sekaligus menambah kesyahduan kegiatan. Sebentar lagi semua akan tinggal cerita. Namun, waktu tak peduli dan harus tetap berlalu.

Dan kami masih memiliki sisa waktu usai menyelesaikan tugas di SD Metaraman dengan kembali ke homestay untuk sekadar bertukar cerita dan mengistirahatkan tubuh untuk sementara. Perjalanan kami benar-benar berakhir saat kembali menuju tempat refleksi. Satu per satu dari kami terpisah. Namun, dunia digital masih mempersatukan kami.

Galeri kami bisa diintip di satu , dua dan tiga




Tuban 06022019

1 komentar:

Tinggalkan jejak ya...
Salam kenal, Dee