Jumat, 01 Maret 2019

Kisah Cinta Abadi Habibi

~~~
Aku tidak langsung melihat film pada peluncurannya di akhir tahun 2012. Baru pada sekitar awal 2013 berkesempatan menyaksikan langsung film ini. Sudah sangat penasaran dengan akting Reza Rahardian yang beradu dengan Bunga Citra Lestari yang tampak dari cuplikannya sudah sangat mengundang penasaran.

Menyaksikan film ini -yang diangkat langsung dari kisah nyata seorang penting di Indonesia- membuat saya takjub, bukan hanya pada jalan ceritanya. Namun, juga pada filmografi dan sinematografinya. Latar dan lighting yang sangat bisa menyesuaikan dengan keadaan tahun serupa yang diceritakan.

Jujur, sebelumnya saya sempat ragu dengan hasil dari film ini. Bukan karena meragukan peran Reza Rahardian, tapi lebih pada perbedaan fisik yang menurut saya mencolok sekali. Namun, itu benar-benar terpatahkan saat saya hanya bisa melongo mendapati totalitas peran Reza yang mendekati purna. Dari gaya bicara, berjalan, bahkan mimik wajah juga.

Sudah nampak dari judul, film ini jelas menceritakan perjalanan hidup Habibie-Ainun dari awal mereka bertemu hingga akhirnya menjalani kehidupan bersama di Jerman. Dari sana, saya sudah dibuat takjub dengan latar Bandung dan Jogja yang begitu kental. Apalagi pada scene pernikahan yang menggunakan adat Jawa, terlihat begitu natural dan sesuai latar tahunnya.

Kemudian loncat pada latar Jerman dengan setting utama rumah (atau mungkin kontrakan) dan kampus (atau lebih tepatnya tempat Habibi belajar merakit pesawat). Scene, plot, dan latar bisa sangat sesuai dengan bayangan penonton tentang apa yang terjadi di tahun-tahun tersebut. Selain itu, pengambilan posisi Presiden Soeharto juga dikemas apik dengan scene yang tak perlu memperlihatkan jelas pemerannya.

Secara alur, cerita ini sudah sesuai dengan fakta sejarah yang sudah jamak diketahui. Mungkin, karena ini bersifat drama, maka ditambahkan scene romantis dalam ceritanya. Misal, pada pertemuan pertama antara Habibi Ainun ketika telah dewasa atau ketika kaki Habibi berdarah-darah oleh dingin salju lalu kemudian dibasuh dan direndam oleh Ainun.

Jika bisa memberikan nilai, maka dari saya 9 untuk film ini dari nilai maksimal 10.



Tuban 01032019
#muthyasadeea #tulisandee #karyadee #reviewfilm
#nulisbarengkomunitasowob #owobregionaljatim

4 komentar:

  1. Abis liat Habibie Ainun, udah lanjut nonton Rudy Habibie kak? Cerita tentang cinta pertama Rudy, sebelum akhirnya bertemu dengan Ainun.

    BalasHapus
  2. Sudah nonton hehehe BTW.. desaign blognya cantk pisan kakak

    BalasHapus
  3. Ini salah satu film yg bikin aku nangis. Dan aku suka banget akting Reza Rahardian di situ. Dia beneran mendalami dan menjiwai karakter Habibie.

    BalasHapus
  4. Cerita cinta yang tak lekang waktu ya kak. Dan orgnya nyata juga

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya...
Salam kenal, Dee