Sabtu, 09 Februari 2019

Menjadi Admin OWOJ

~~~
Kami menyebutnya OWOJ, sebuah gerakan sepekan membaca se-juz. WAG ini berisikan teman-teman seperjuangan dulu di pesantren. Meski telah terpisah jarak, waktu, serta kesibukan masing-masing. Alhamdulillah, dunia digital masih mengeratkan persaudaraan kami.

Namun, sebagaimana problema alumnus di semua bagian, keakraban itu ditelan masa. Grup mulai sepi dan sedikit sekali reponsivitas antar anggota. Hingga akhirnya, kami (jajaran admin grup) mencetuskan beberapa kegiatan supaya grup tetap bisa diramaikan.

Muncullah ide untuk membuat gerakan One Week One Juz. Dan di antara 180an member grup, hanya 60 orang yang berpartisipasi dalam program ini. Ada pula program lain, yakni MBM (kami menyebutnya donasi rutinan untuk almamater kami), dan hasilnya juga sama, tak lebih dari 60 orang yang tergabung.

Sangat bisa dimaklumi bahwa masing-masing kami telah memiliki kesibukan dan kehidupan sendiri-sendiri jauh berbeda dengan kebersamaan saat di pesantren. Kami (para admin), berprasangka baik bahwa dengan diadakannya program OWOJ bisa menjembatani teman-teman yang mungkin sudah jarang sekali berinteraksi dengan Al quran.

Ini adalah salah satu bentuk curhat teman. Anaknya sudah 2 dan dia punya kesibukan mengurus online shopnya. Ia seorang ibu rumah tangga dengan seabrek tanggung jawab dan belum ditambah riweuhnya mengurus 2 balita.

Masih banyak curhat serupa yang isinya merasa terbantu dengan program ini meski minim peminat dalam grup kami. Kelihatan ringan, tapi, bagi mereka, untuk bisa menyelesaikan sejuz dalam sepekan benar-benar sebuah usaha keras. Saya sangat memaklumi itu dan bisa memahami dengan baik.

Saya pun pernah pada posisi di mana keseharian saya disibukkan dengan banyak urusan dan tugas dunia, Masalah Allah dan ibadah, bisa dijanjikan lain waktu atau dikerjakan di waktu senggang atau sisa, ketika tugas dan kegiatan utama sudah benar-benar selesai.

Beruntunglah mereka yang terpelihara dalam pesantren, memiliki banyak waktu untuk bertafakur dan bertilawah tanpa takut ada gangguan seperti anak milenial sekarang yang sebentar-sebentar gawai, cek media sosial, lihat notif. Sejenis godaan yang benar-benar akan didapat ketika telah lama kembali ke rumah.

Maka, membersamai para member untuk melakukan gerakan One Week One Juz adalah sebuah ikhtiar ringan untuk mempererat silaturahmi serta membantu mereka untuk tetap mengakrani quran. Bukaan sebuah beban, namun ini adalah amanah.

Semoga, selalu ada waktu terbaik yang kita berikan untuk tilawah.




Tuban 09022019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak ya...
Salam kenal, Dee