Sabtu, 09 Maret 2019

Sosok Carol S Dweck

~~~

Jujur, ini pertama kalinya aku membaca buku berbahasa asing. Mungkin, kalaupun tidak begini, mustahil rasanya bisa mengenal sosok hebat.

Dan saya benar-benar baru mendengar nama Carol S. Dweck ketika membaca buku ini. Cukup terkejut ketika mengetik nama beliau di mesin pencarian dan hasil yang keluar benar-benar fantastis. Ya ampun, aku ke mana saja? Maklum, di halaman tentang penulis dalam buku yang saya baca, tidak dijelaskan dengan rinci siapa sosoknya atau seberapa banyak hasil karyanya.

CAROL S. DWECK, PH.D., is widely regarded as one of the world’s leading researchers in the fields of personality, social psychology, and developmental psychology. She has been the 
William B. Ransford Professor of Psychology at Columbia University and is now the Lewis and Virginia Eaton Professor of Psychology at Stanford University and a member of the American Academy of Arts and Sciences. Her scholarly book Self-Theories: Their Role in Motivation, Personality, and Development was named Book of the Year by the World Education Fellowship. Her work as been featured in such publications as The New Yorker, Time, The New York Times, The Washington Post, and The Boston Globe, and she has appeared on Today and 20/20. She lives with her husband in Palo Alto, California. 

Dengan keterangan hanya segitu, jelas akan sangat kurang untuk bahan laporan biografi penulisnya. Bersyukur, rupanya sang penulis sudah memiliki kiprah kepenulisan yang tinggi.

Dia adalah seorang psikolog, jadi tak heran jika kebanyakan bukunya adalah tentang psikologi dari berbagai sudut pandang juga pemikiran-pemikiran terarah. Sejak muda, Dweck selalu tertarik dengan manusia dan belajar mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Minat ini diperdalam di perguruan tinggi. Dia menyatakan: "Psikologi menggabungkan banyak minat saya: Saya menyukai metode ilmiah – memasukkan gagasan Anda ke dalam ujian – dan saya menyukai pokok bahasan psikologi manusia."

Wanita berusia 72 tahun ini, tak terhitung sudah berapa kali mendapatkan penghargaan dan penghormatan baik dari luar maupun dalam negeri. Lebih dari 20 karya bukunya telah dibukukan yang hampir kesemuanya berisi tentang psikologi sosial dan psikologi perkembangan.


Tampilan buku yang saya tuntaskan dalam Rewding Challenge Odop kali ini.



🖤
Tuban 09032019
#muthyasadeea #tulisandee
#ReadingChallengeOdop #Tantangan2level4

2 komentar:

Tinggalkan jejak ya...
Salam kenal, Dee