Senin, 11 Maret 2019

Pemikiran: Psikologi Sukses

~~~
Sebelumnya,
Saya tidak menyelesaikan membaca buku ini
Saya tida membaca bentuk fisiknya
Saya merasa tidak sanggup bertahan
~~~


Tugas untuk Reading Challenge ODOP akan tetap saya tunaikan meski saya memilih mundur. Sebenarnya, hanya tinggal beberapa bagian saja dalam buku yang belum saya rampungkan. Namun, karena saya memang terlalu bebal dalam bahasa Inggris, jadilah apa yang saya baca tidak bisa tertelaah dengan baik.

Saya sudah berusaha mencari jalan keluar dengan mencoba menerjemahkan buku itu (melalui aplikasi di Play Store, dan entah itu berdosa atau tidak) namun, tetap saja saya tidak bisa memahaminya secara utuh. Kalian tahu sendiri kan, mesin terjemahan polanya kayak apa saat menerjemah?

Namun,secara garis besar, saya menarik kesimpulan dari bagian yang sudah saya baca bahwa, sukses itu berbanding lurus dengan effort yang kita keluarkan. Lingkungan sekitar juga menjadi salah satu faktor, baik secara pribadi atau majemuk. Yang paling saya ingat bagian dalam buku ini adalah salah satu quote (lupa bahasa inggrisnya) yang intinya, artinya kurang lebih seperti ini.

Kalian akan tahu siapa trman kalian saat kalian terjatuh

Kalimat ini persis dengan maqalah Sang Imam Aly bin Abi Thalib. Dan saya mengambil benang merah lagi bahwa sejatinya, kunci kesuksesan -bagi siapa pun yang ingin meraihnya tanpa kecuali- memiliki satu kesamaan untuk bersinergi dengan orang-orang positif.

Dalam buku ini, Dweck menggunakan banyak contoh di daerah serta tempat kerjanya. Sangat nyata memang, seperti penggambaran keadaan di sebuah ruang kerja/perusahaan, juga beberapa lakon yang ia bisa jadikan contoh untuk diambil kisahnya. Intinya, Dweck menyajikan tulisan berdasar fakta kesehariannya yang kemudian ia konversikan melalui kacamata psikologi.

Sekali lagi sangat disayangkan, saya tidak menuntaskan bacaan ini sesuai tenggat waktu. Rasanya kayak timbul tenggelam, megap-megap baca bahasa Inggrisan yang masih seujung kuku. Sedih banget. Mungkin, dengan diunggahnya tulisan ini, siap pula mental saya mengakhiri kelas seru Reading Challenge kali ini. *Lebay!


🖤
Tuban 11032019
#muthyasadeea #tulisandee #reviewbuku
#readingchallengeodop #tantangan3level4

1 komentar:

Tinggalkan jejak ya...
Salam kenal, Dee