Selasa, 05 Maret 2019

Kelas dengan Dua Murid

Kelas Inspirasi Lamongan 6
SDN Dadapan, Paciran
Sabtu, 02 Februari 2019
🖤



Seperti biasa, di setiap Kelas Inspirasi, saya ambil bagian di relawan inspirator dengan profesi penulis, dengan harapan bisa meningkatkan minat baca tulis dan mengembangkan dunia literasi Indonesia. Memang, sumbangsih saya masih terlalu kecil, namun, dari merekalah yang kurang perhatian seharusnya gerakan seperti ini dicanangkan.

Pagi itu, saya kebagian di kelas 3 dan 4. Sedikit kaget mengetahui jumlah siswa di kelas 3 yang hanya sepasang. Meskppun sebenarnya sudah bisa membayangkan dengan total keseluruhan jumlah murid dalam sekolah adalah 50. Gedungnya terrawat dan suasananya menyenangkan. Namun, sekolah ini kalah saing dengan sekolah lainnya.

Inilah problematika pendidikan di Indonesia. Sekolah didikotomikan sesuai kebutuhan beberapa pihak yang mengklaim masing-masing sebagai agen perubahan dalam pendidikan. Padahal, semua instansi pendidikan pasti memiliki satu tujuan dalam pendidikan. Hal seperti ini tidak terjadi di negara-negara maju di bidang pengetahuan.

Di Desa Dadapan ini, kebanyakan penduduk bermata pencaharian sebagai TKI sehingga rerata penduduk yang tersisa adalah para lansia dan anak-anak. Tak heran, jika anak-anak ditanya dengan siapa mereka tinggal, maka, kalau tidak nenek pasti kakeknya.

Sebenarnya, tak ada yang salah memang. Karena saya membicarakan sisi pendidikannya. Anak-anak yang sudah kekurangan perhatian, ditambah dengan lingkungan sekolah yang tidak mendukung dengan keterbatasan siswa. Hal ini dikarenakan, ada sekolah lain yang dianggap lebih unggul dari SD tersebut.

Dari cerita teman inspirator lainnya, sebenarnya ada banyak keadaan serupa di SD lain. Dan kalau ini sudah menjadi fenomena lumrah. Kemudian, apa yang bisa para pemuda lakukan untuk memberikan sumbangsih lebih selain melalui kegiatan sesederhana Kelas Inspirasi ini?

Foto bersama all relawan bersama seluruh warga SDN Dadapan


🖤
Catatan yang baru tertulis
Tuban 05022019
#muthyasadeea #tulisandee #ceritadee
#kelasinspirasi #KILamongan6

1 komentar:

  1. Keren Mbak Dee, jadi seperti kelas private ya satu guru mengajar dua siswa. Semangat menginspirasi Mbak ❤

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya...
Salam kenal, Dee